Tempat Wisata di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Jalan-jalan Asyik ~ Tempat Wisata Menarik di Solo Yang Wajib Dikunjungi ~ Hulla traveler kembali lagi bersama kami. Sudah hampir sekian lama kami tak berjumpa bersama kalian para traveler. Seperti biasa kehadiran kami disini akan memberikan informasi mengenai tempat dan lokasi wisata yang tentunya Asyik. Pastinya kalian semua sudah sangat ini bisa merasakan traveling kembali bukan ? Setelah berminggu-minggu pusing menjalani pekerjaan dan rutinitas. Maka dari itu sangat lah penting bagi kamu semua menyegarkan pikiran dengan traveling atau jalan-jalan.

Nah disini kami akan membahas tempat wisata yang tidak usah jauh-jauh dahulu hingga keluar Negeri. Cukup kita melakukan traveling didalam negri untuk bisa mengenal keanekaragaman di Indonesia. Nah kali ini kami akan lebih membahas wisata yang berada di Jawa Tengah seperti yang sudah kita bahas sebelumnya yaitu Tempat Wisata Bandungan Semarang. di kota Solo, Jawa Tengah. Yuk kita simak ada apa aja sih di Kota Solo.

Tempat Wisata Menarik di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Membahas mengenai Kota Solo, Jawa Tengah maka tak akan lepas dari sejarah Kota Solo itu sendiri pada masa lalu. Kota Solo atau yang merupakan Kota Surakarta yang sering akrab di sebut ini adalah salah satu Kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Yang lebih tepatnya adalah sebelah Timur Kota Solo yang berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar. Sementara untuk bagian sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Boyolali dan Karanganyar dan di sebelah Selatan juga dengan berbatasan dengan Sukoharjo.

VBandar - Agen Bandar66 Online | Sakong Online | Capsa Susun | Bandar Poker | Judi Domino99 | BandarQ | AduQ | Poker Texas Indonesia

Untuk kamu yang permah melakukan perjalanan darat dari Jakarta – Bali atau sebaliknya Bali – Jakarta. Pastinya kamu akan melewati kota dari Surakarta atau Kota Solo ini. Karena Kota Solo ini sendiri adalah Kota yang juga Strategis yang bisa mempertemukan perjalanan dari Kota-kota Besar. Sebelum jauh kami membahas mengenai wisata yang ada di Kota Solo ini ada kala baiknya kita mengenal sejarah dari Kota Solo ini dulu ya Traveler. Agar wawasan kita mengenai yang terjadi di Negara kita pun mengerti.

Sejarah Kota Solo, Jawa Tengah

Sejarah Kota Solo ini berawal dari penindasan atau penjajahan yang dilakukan oleh kompeni VOC Belanda kepada kelompok China yang kala itu berada di Jakarta. Dan lalu orang-orang ini melarikan diri ke Jawa Tengah. Dan kemudian Kemarahan orang-orang China ini di luapkan dengan pemberontakan yang dipimpin oleh Sunan Kuning kepada Keraton kartasura.

Tempat Wisata di Solo

Raden Mas Said

Dari awal kemarahan orang China dan yang didukung oleh Raden Mas Said. Yang juga kecewa dan marah atas kebijakan Keraton Kartasura yang memangkas daerah Sukowati. Dan yang ahkirnya pemberontakan itu yang dilakukan prajurit China berhasil menjebol pertahanan dari Keraton Kartasura dan menyebabkan banyak korban jiwa. Lalu dari Baginda Sunan Pakubuana memerintahkan untuk para abdi dalem mengungsi ke wilayah Jawa Timur yaitu pacitan hingga ke Ponorogo.

Setelah itu Adipati Bagus Suroto yang berasal dari Kadipaten Ponorogo mendengar adanya pemberontakan di Kartasura yang dilakukan oleh prajurit China. Ia pun ikut marah dan membenci pemberontakan tersebut dan ahkirnya menyediakan prajurit untuk melawan dan menyelesaikan pemberontakan tersebut. Yang ahkirnya memicu pertumpahan darah antara prajurit China dan Prajurit yang dimiliki Adipati Bagus Suroto. Tetapi untuk hasil dari pertempuran itu berhasil di menangkan oleh Prajurit Adipati Bagus Suroto.

Kemudian karena daerah dan keadaan Keraton yang sudah hancur, sang baginda memilih untuk pindah dan membangun Keraton kembali. Dan ahkirnya kesepakatan untuk membangun keraton kembali di Desa Sala. Yang hanya memiliki Jarak 10 km dari Keraton kartasura dan Desa Sala yang berada juga di dekat Bengawan Sala yang sejak lama memiliki arti penting dalam hubungan sosial. Adapun mengapa penyebutannya sekarang Kota Solo bukan Kota Sala, karena kesalahan orang-orang Eropa dalam penyebutan nama ini. Lidah mereka susah untuk menyebutkan Kota Sala, jadi mereka menyebutnya Kota Solo.

Nah itu dia beberapa Sejarah dari Kota Solo yang bisa menambah wawasan kita. Jadi untuk saat ini yuk kita bahas Wisata yang ada di Solo tersebut.

Wisata Wisata Menarik di Solo Yang Harus Kalian Kunjungi

1. Keraton Surakarta

Tempat Wisata di Solo

Untuk wisata yang pertama yang bisa kamu kunjungi dan mungkin wajib kamu kunjungi adalah Keraton Surakarta itu sendiri. Bagi kalian yang ingin belajar mengenai sejarah Solo lebih detail, Maka kamu bisa berkunjung ke Surakarta. Bangunan ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada Tahun 1744 untuk menggantikan Keraton Kartasura yang harus akibat kerusahan atau pemberontakan Pecinan tahun 1743 silam. Seperti yang sudah kami jelaskan mengenai sejarah dari Kota Solo.

Tempat Wisata di Solo

Hingga saat ini pun, Bangunan ini masih di fungsikan sebagai tempat tinggal Sri Sunan sekaligus menjadi tempat wisata yang paling banyak di Kunjungi di Solo. Untuk kamu yang ingin bisa berkunjung ke Keraton Surakarta ini akan bisa merasakn setiap Komplek, untuk itu di bagi menjadi beberapa. Alun-Alun Lor, Alun-Alun Kidul, Sasana Sumewa, Siti Hinggil Lor dan Kidul, Kemandungan Lor dan Kidul, Sri Manganti Lor dan Kidul, Kedaton, serta Kemagangan yang masing-masing semua itu memiliki fungsi yang berbeda. Untuk di Keraton ini pun juga masih banyak disimpan berbagai koleksi peninggalan kasunanan disimpan. Seperti Gamelan, replika pusaka keraton, dan benda – benda lain yang merupakan pemberian dari raja-raja Eropa.

2. Taman Sriwedari

Tempat Wisata di Solo

Wisata selanjutnya yang berada di Solo adalah Taman Sriwedari. Untuk wisata di Solo salah satu ini adalah merupakan kompleks pertamanan yang berlokasi di daerah Laweyan, Solo dan sudah ada sejak jaman era kepemimpinan Pakubuwana X. Untuk Taman Sriwedari selain sebagai lokasi penghijaun juga sebagai lokasi diselengarakannya hiburan rutin malam Selikuran. Dan menakjubkanya juga Taman Sriwedari ini juga pernah dipakai sebagai lokasi penyelenggara PON pada tahun 1948.

Di area dekat dengan Taman Sriwedari ini juga terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari (GWO) yang menjadi tempat pewayangan. Apabila kalian yang masuk ke dalam Gedung Wayang Sriwedari ini akan bisa melihat lukisan yang besar di bagian atas kanan dan kiri bangunan. Lukisan tersebut menceritakan epos Mahabarata bertajuk “Kresno Duto”. Taman Sriwedari untuk saat ini sudah menjadi tempat pusat hiburan, seni, dan budaya oleh masyarakat Solo dan sekitarnya. Untuk kamu traveler yang ingin kemari datanglah sekitar pukul 10.00 Pagi sampai dengan 22.00 Malam WIB, Nah untuk harga masuknya tiketnya adalah cukup Rp 3.000 per orang.

3. Museum Manusia Purba Sangiran

Tempat Wisata di Solo

Letak dari Museum Manusia Purba ini memang tidak persis berada di Kota Solo. Namun wisata ini harus anda kunjungi apabila anda sedang melakukan traveler di Solo atau singgah di Kota Solo tersebut. Seperti nama dari Museum tersebut yaitu sebagai Museum Manusia Purba merupakan Museum Arkeologi yang berlokasi di Desa Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah.

Tempat Wisata di Solo

Mungkin ini akan sangat cocok bagi traveler yang sangat mencinta sejarah dari peradaban manusia. Obyek wisata ini sejarah dan edukasi ini letaknya tidak jauh dari situs fosil purbakala Sangiran. Yang dimana sudah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Dengan luas sekitar 56 Km persegi, Ternyata tempat ini bukan hanya dijadikan obyek wisata atau museum tetapi juga digunakan sebagai penelitian. Oleh arkeolog dari dalam dan luar negeri yang ingin mengetahui kehidupan manusia pada zaman prasejarah.

Dan kerennya dari apa yang dimiliki oleh Museum Manusia Purba Sangiran ini selain memiliki fosil rahang bawah Pithecanthropus. Disini juga ditemukan jejak tinggalan masa lampau yang usianya 200.000 sampai 2 juta tahun yang lalu. Sangat menakjubkan bukan traveler ?.

4. Kampung Batik Kauman

Tempat Wisata di Solo

Ini lah salah satu ciri khas yang dimiliki oleh Indonesia yaitu Batik. Tentunya Traveler tahu kan apa itu Batik mungkin dari traveler sendiri juga ada pecinta batik ?. Nah jika iya ini akan sangat cocok dengan perjalanan kamu di Solo, Disini terdapat suatu wilayah yang dimana masyarakatnya adalah pengerajin Batik. Namanya adalah Kampung Batik Kauman, Solo. Disini kamu juga akan bisa melihat bagaimana Proses pembatikan kain secara langsung. Untuk Kampung Batik ini tidak jauh dari Keraton Kasunanan Surakarta ini. Untuk kamu yang ingin membeli Batik disini kamu bisa mendapatkan aneka batik dengan motif dan corak yang beragam.

Tempat Wisata di Solo

Umumnya untuk batik yang di produksi disini adalah berupa batik tulis, batik cap, atau batik kombinasi dengan motif modern dengan warna gelap. Untuk kualitas yang dimiliki oleh Kampung Batik ini jangan kamu ragukan kembali loh traveler. Untuk kualitasnya produknya sudah hingga ke luar negeri, bisa kita lihat juga banyak para wisatawan dari luar negeri mampir kesini untuk membeli dan memborong batik. Untuk harga yang dimiliki pun memiliki kisaran yang berbeda, mulai dari yang murahan hanya kisaran Ratusan Rupiah dan hingga juga kisaran mahal hingga Jutaan rupiah.

5. Pasar Klewer

Tempat Wisata di Solo

Sebelumnya diatas yang kita bahas adalah Kampung dari pengerajin Batik tersebut. Nah yang satu ini adalah Pasar Klewer di Solo, yang dimana pasar ini khusus menjual Semua Kain Batik. Pasar Klewer ini juga menjadi salah satu destinasi favorit untuk para pecinta Batik, atau juga wisata terutama yang kamu ke solo. Disini kamu bisa mendapatkan beragam kain batik, baik buatan pengerajin dari lokal dan juga mancanegara. Mancanegera ? yup betul jangan salah orang diluar ternyata juga bisa membatik lho.

Tempat Wisata di Solo

Untuk kamu yang sudah masuk kedalam pasar klewer dengan sekitar lebih dari 2.000 pedagang ini, Kamu juga masih bisa menemukan beberapa pakaian item fashion lain seperti jaket, kaus, pakaian dan juga kalian bisa menemukan seragam sekolah. Dan dipasar klewer juga bisa memenuhi permintaan jasa jahit kain yang ingin anda buat. Satu catatan untuk kalian semua traveler, bagi kamu yang ingin belanja dan memborong batik di pasar klewer tidak perlu takut akan jebol kantong kalian. Karena disini memang surganya batik dengan harga murah tetapi kualitas tinggi. Nah tapi bagi kalian traveler yang ingin berkunjung ke Pasar Klewer juga harus berhati-hati ya karena rawan sekali dengan pencompetan. Tempat Wisata di Solo.

6. Pura Mangkunegaran

Tempat Wisata di Solo

Selain ada Keraton Kasunanan, di Kota Solo juga memiliki Pura Mangkunegaran. Pura yang dibangun dengan sangat megah ini merupakan kediaman resmi pemimpinan Kadipaten Praja Mangkunegaran. Pura Mangkunegaran yang terletak di Jalan Ronggowarsito ini telah berhasil menjadi pusat budaya dan seni Kota Solo. Adapun beberapa beragam koleksi di dalam Istana yang merupakan peninggalan Kerajaan Mataram dan Majapahit pada kala itu.

Tempat Wisata di Solo

Saat kalian semua akan memasuki pura, traveler akan bisa melihat halaman yang sangat luas dan bangunan berarsitektur khas eropa dengan tulisan Kavalerie-Artillerie. Begitu masuk ke bagian dalam pura, kalian akan lagi disungguhi oleh pandopo bergaya eropa-jawa lengkap dengan seperangkat dengan gamelannya, Kyai Kanyut Mesem.

Tempat Wisata di Solo

Bagi traveler yang akan kesana , kami sarankan untuk bisa datang di hari Rabu, Karena disetiap hari Rabu akan diselenggarakan gelaran gamelan rutin. Ada juga sanggar tari tradisional dan modern yang latihanya dilaksanakan setiap hari mulai pukul 15.00 sore. Tenang saja traveling ketika kamu masuk dan ingin berjalan-jalan menikmati setiap sudut tidak usah takut akan informasi yang ada, Karena nantinya kalian akan ditemani bersama Tour Guide. Untuk harga tiket masuk ke dalam Pura Mangkunegaran hanya berkisar Rp 10.000 saja traveling. Atau kalian yang ingin mengikuti paket wisata juga ada, untuk nama paketnya adalah Paket Wisata Mangkunegaran Royal Dinner. Dengan paket tersebut kalian semua bisa menikmati sensasi makan malam dengan menu dan suasana kejawen khas keraton. Tempat Wisata di Solo.

7. Galabo Solo

Tempat Wisata di Solo

Buat kamu yang suka dengan wisata malam, di solo kamu juga bisa menikmatinya malam di Kota Solo dan ditemani oleh kuliner lezatnya di Kota Solo. Salah satu tujuan kuliner yang wajib kamu datangi adalah Galabo Solo. Terletak di Jalan Mayor Sunaryo atau tepatnya di depan Pusat Grosir Solo, Galabo menyediakan aneka kuliner khas Solo yang nikmat dan murah meriah.

Tempat Wisata di Solo

Disini kamu bisa menemukan setidaknya hampir 50 stand pedagang yang digelar setiap pukul 17.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB. Untuk menu atau makanan disini beraneka ragam dari Nasi Liwet, Gudeg Ceker, Sate kere, Tengkleng, Mie Thoprak, Wedang Ronde, Wedang Dongo, Tahu Ketupat, Serta ada juga Nasi Tumpang dan masih banyak lagi makanan kuliner tradisional yang bisa kamu temukan disini. Selain harga dari makanan ini sudah sangat lezat dan murah maka dari itu bisa menjadikan banyak dari pengunjung. Dari berbagai kalangan terutama juga para mahasiswa.

Nah itu dia traveler beberapa yang bisa kami sampaikan kepada anda semua mengenai Tempat Wisata di Solo. Yang bagi kalian semua traveling yang ingin mencoba tempat wisata baru maka Kota Solo adalah salah satu yang bisa kalian datengi. Dengan beberapa obyek wisata yang sudah kami sebutkan diatas kalian bisa mencobanya satu per satu. Apalagi bagi kalian yang mencintai dengan yang namanya sejarah maka Kota Solo menjadi salah satu tujuan yang tepat. Jadi tunggu apalagi yuk buruan kita jalan jalan asyik di Kota Solo ini. Tempat Wisata di Solo.

Bagi kalian semua traveler yang ingin bisa mendapatkan Bonus CashBack tertinggi hanya disini.

Untuk kamu atau kamu yang memang memiliki jiwa traveling dan ingin menambah informasi mengenai dunia traveling bisa kunjungi.

Dan buat kamu juga yang memiliki jiwa sayang terhadap hewan, suka memilihara hewan kamu bisa kunjungi :

Atau kamu sebagai pecinta kuliner ? bisa kunjungi juga di artikel kami ini . disini kamu bisa mendapatkan semua informasi-informasi kuliner yang lezat :0

Baca juga nih artikel kami yang membahas mengenai bidang Dunia Olahraga Bulu Tangkis :

Related Post