Keindahan Wisata Danau Toba yang Patut Kamu Jelajahi Jika ke Sini

Jalan-jalan Asyik ~ Keindahan Wisata Danau Toba yang Patut Kamu Jelajahi Jika ke Sini ~ Hulla traveler ! di artikel kami sebelumnya kami sudah banyak membahas lokasi-lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Tentunya itu semua agar kamu traveler bisa mendapatkan informasi mengenai lokasi-lokasi terbaru atau bagi kamu yang tidak mengetahui wisata di dunia ini. Dan bingung untuk melakukan perjalanan traveling kamu maka ini akan sangat membantu kamu dalam menentukan pilihan. Kemana kah kamu harus melakukan traveling sesuai dengan yang kamu butuhkan seperti contoh adalah ke Gunung, Museum, Pantai dan lain sebagainya.

Nah dan kali ini kami akan membahas mengenai Keindahan Wisata Danau Toba yang Patut kamu jelajahi. Danau Toba adalah salah satu danau terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara. Dan Danau Toba sendiri menempati peringkat ke dua sebagai danau terluas di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Danau Toba yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Sejarah pun mencatat bahwa danau ini terbentuk dari letusan gunung berapi super. Dengan panjang wilayah hampir 100 Kilometer dan lebar 30 Kilometer kamu bisa melihat hampara bukit barisan yang mengelilinginya dan dari pulau vulkanik yang berada di tengahnya, Yaitu Pulau Samosir.

Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Bukan hal yang mengejutkan karena daya tarik danau yang berada di provinsi Sumatera Utara tersebut memang luar biasa. Destinasi wisata di Danau Toba pun cukup beragam karena lanskap dan kreativitas warganya, yang menjadikan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara tersebut sebagai salah satu must visit tourism spot di Sumatera Utara.

VBandar - Agen Bandar66 Online | Sakong Online | Capsa Susun | Bandar Poker | Judi Domino99 | BandarQ | AduQ | Poker Texas Indonesia

Untuk bisa menikmati Danau Toba secara maksimal, tidak ada salahnya mencari tahu spot wisata baru dan kekinian di sekitar danau, yang terbentuk di sebuah kaldera dari gunung berapi super di Indonesia itu. Yuk kita simak !

Keindahan Wisata Danau Toba yang Patut Kamu Jelajahi

1. Gunung Pusuk Buhit

Ketika kamu ke Danau Toba ini maka sangat di harapkan kamu untuk bisa ke Gunung Pusuk Buhit ini. Pusuk Buhit adalah sebenarnya gunung berapi yang aktif dan memiliki tinggi sekitar 1980 meter diatas permukaan laut. Gunung ini di kelilingi oleh beberapa desa, seperti Sianjur Mula-mula, Samosir dan Pengururan. Saat ini, Pusuk Buhit menjadi tujuan liburan yang menarik di Sumatera Utara Karena Pusuk Buhit terkenal dengan cerita urbannya.  Keindahan Wisata Danau Toba

Dan dari gunung Pusuk Buhit ini munculah mitos Batak, Pusuk Buhit adalah tempat kelahiran Suku Batak atau asal mula dari Suku Batak itu sendiri. Bukan hanya itu saja penduduk setempat juga percaya bahwa Pusuk Buhit adalah tempat kelahiran Raja Batak. Setelah kamu mengunjungi gunung pusuk buhit ini banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan di sana. Misalnya, kamu bisa mengunjungi Tower Tele yang merupakan tempat sempurna untuk bisa menyaksikan pemandangan Danau Toba dari atas. Dan masih ada beberapa tempat lainnya didekatnya seperti Aek Sipitu Dae, Batu Hobon.

Lokasi : Kota Pengururan, Pulau Samosir, Sumatera Utara

2. Bukit Holbung

Selajutnya ada di Bukit Holbung, Untuk bisa menikmati keindahan Danau Toba memang banyak cara yang bisa kamu gunakan. Seperti jika kamu ingin menikmati keindahan Danau Toba dari berbagai sisi 7 Kabupaten, Sumatera Utara. Dan salah satunya untuk kamu bisa menikmati Danau Toba adalah dari Bukit Holbung yang berada di Desa Janji Marhatan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Keindahan Wisata Danau Toba

Dan Bukit Holbung yang juga terkenal juga dikenal dengan nama Bukit Teletubbies, layaknya seperti di Gunung Bromo, Malang atau Nusa Penida Bali, Lombok Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo pulau komodo. Dan Bukit Holbung adalah salah satu bukit teletubbies versi di Sumatera Utara. Tidak sedikit juga para wisatawan yang datang kesini untuk menikmati keindahan Danau Toba. Untuk bisa sampai kepuncak kamu hanya membuthkan waktu sekitar 10-15 menit.

Jangan khawatir traveler , selama kamu menaiki bukit tersebut tidak seperti naik ke Gunung jalan trecking yang ada sudah setapak. Kamu juga bisa melihat banyak Gulma bukit di sepanjang jalan. Dan akan terbayarkan saat diatas puncak dengan keindahan yang di tawarkan oleh Danau Toba.

3.  Paropo, Danau Toba

Siapa pun yang sudah pernah ke Semeru dan sampai ke Ranu Kumbolo, kemudian bertandangan ke Paropo, pinggiran Danau Toba, mungkin akan merasa sedang berada di tempat yang sama. Nuansanya memang asyik, dengan pemandangan gunung sebagai background dan perairan di depannya. Ya, Ranu Kumbolo dan Paropo cukup memiliki kesamaan dalam hal pemandangan. Tapi bukan berarti kamu mengurungkan niat berkunjung dan menikmati Toba, kan?

Paropo merupakan desa yang terletak di Kecamatan Silalahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara. Terletak di tepian Danau Toba, Paropo menyuguhkan pemandangan danau yang menakjubkan berpadu dengan desiran angin sepoi-sepoi. Paropo juga dikenal sebagai Ranu Kumbolo-nya Sumatra berkat keindahan panorama perbukitan dan danau.

Selain Paropo sebagai tempat untuk berkemah, Paropo juga sebagai merupakan lokasi yang tepat bagi kamu yang ingin atau hobi dengan memancing. Tentunya jika memang anda ingin memancing sudah harus mempersiapkan alat pancing sendiri dari rumah. Dan untuk kamu traveler yang tidak biasa dan tidak ingin melakukan kemah di tepi Paropo maka bisa bisa menginap di hotel atau motel yang sudah tersedia. Dengan harga yang bervariasi mulai dari harga Rp 200.000/malam hingga Rp 500.000/malam.

Lokasi : Kecamatan Silahi Sabungan Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

4. Bukit Gajah Bobok

Nah ini adalah lokasi yang tepat untuk kamu yang mengincar Sunrise dengan pemandangan Danau Toba. Maka kamu harus berkunjung ke saja ke Bukit Gajah Bobok sebelum matahari terbit. Dari puncaknya bukit gajak bobok kamu bisa menikmati sunrise yang keran dari ujung timur.

Pengalaman berkesan yang lain yang bisa kamu disini adalah berkemah di Puncak Bukit. Jika kamu bisa beruntung gugusan bintang saat malam hari bisa kamu lihat dengan mata telanjang. Dengan berkemah saja kamu sudah bisa menikmati indahnya alam di malam hari dan di lanjut keindahan yang tidak kalahnya di pagi hari. Pasti kalian tidak akan menyesal untuk datang kesini. Keindahan Wisata Danau Toba

5. Bukit Siadtaratas

Terbentuk jalan setapak tepat di bukit Siadtaratas, yang ujungnya adalah pesisir Danau Toba dan puncak bukit. Menyusurinya dibutuhkan keberanian, karena ada kemungkinan terpeleset dan jatuh ke bawah. Nah maka dari itu untuk kamu yang mungkin sebelumnya belum pernah menaiki gunung kami sarankan untuk tidak melalui Bukit Siadtaratas.

Namun, harus diakui, berada di lintasan bukit Siadtaratas ini cukup mengesankan. Apalagi, di puncak bukit, kamu bisa membebaskan mata menikmati Toba dan segala kelebihannya dengan leluasa. Top banget!

6. Kapal Pesiar Danau Toba

Sejak 28 Desember 2017, untuk menuju Danau Toba bisa dicapai dengan menggunakan kapal pesiar alias cruise. Paket kapal pesiar ke Danau Toba ini menjadi paket baru yang digarap bersama pemerintah Singapura. Kapal pesiar milik Pemerintah Kabupaten Samosir ini bentuknya seperti rumah adat Batak, lengkap dengan ornamen ukirnya yang berukuran panjang 21,5 meter dan lebar 7 meter. Uniknya, strukturnya hampir seluruhnya terbuat dari bahan kayu!

Untuk keselamatan, jangan khawatir karena kapal ini dilengkapi dua sekoci dengan daya tampung 20 orang, pelampung keselamatan, pemadam api, serta alat penunjuk keadaan darurat red hand flare. Kapal ini juga dilengkapi kompas dan peralatan GPS untuk panduan arah dan posisi kapal. Terdapat dua dek, yaitu atas dan bawah Dek bawah terbuka sedangkan dek atas ditutupi dinding kaca sehingga lebih kedap suara. Di bagian belakang dek atas, terdapat balkon yang bisa menampung 12 orang untuk duduk santai menikmati embusan angin Danau Toba atau hangatnya sinar mentari. Lalu di bagian depan kapal, terdapat dua patung besar laki-laki berpakaian adat layaknya sedang manortor atau menari. Keindahan Wisata Danau Toba

Untuk kamu yang ingin merasakan dan menaiki kapal tersebut harus mengeluarkan Budget sekitar Rp1.000.000 untuk 1 jam pertama. 1 jam berikutnya Rp 500.000, 1 jam ketiga Rp500.000, dan 1 jam keempat gratis. Lalu berulang seperti awal untuk jam berikutnya sehingga secara total biaya sewa tergantung lamanya penggunaan. Untuk penggunaan selama 8 jam biayanya Rp4.000.000.

Lokasi : Parapat, Sumatera Utara

7. Bukit Indah Simanjarunjung

Nah ini mungin adalah lokasi yang tepat untuk kamu yang merasa masih sebagai anak muda atau remaja. Setelah dibuka pada tahun 2016, kini wisata Bukit Indah Simanjarunjung sudah sangat ramai dikunjungi oleh para warga sekitar dan terutama oleh para anak muda atau remaja. Sesuai dengan namanya memang bukit ini menawarkan keindahan yang nyata. Dari ketinggian Bukit Indah Simanjarunjung kamu akan bisa melihat jelas pesona keindahan Danau Toba.

Bukit Indah Simanjarunjung ini dikelola seperti wisata kalibiru di Jogjakarta, yang bisa di bilang sedemikian rupa dengan bentuk rumah pohon. Dan terutama adalah salah satu tempat favorit untuk para anak muda yang membawa pasangannya yaitu Rumah Pohon Cinta. Tidak hanya pemandangan Danu Toba tetapi masih banyak juga pemandangan alam lainya yang masih bisa kamu nikmati. Seperti hamparan perbukitan yang hijau terpadu dengan birunya langit dan matahari yang menghangatkan kulit kita. Dan juga kawasan persawahan, Juga perkubanan teh dan kopi yang semakin menambah keindahannya. Keindahan Wisata Danau Toba

Lokasi : Jl. Simarjarunjung, Parik Sabungan, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

8. Desa Tuktuk Siadong

Sesudah kamu ke Danau Toba pastikan kamu juga harus singgah dan menginap di Desa Wisata Tuktuk Siadong. Tuktuk Siadong sudah sangat terkenal dengan keindahanya di sebuah tanjung kecil di Pulau Samosir.

Di sini, Anda bisa menikmati suasana menawan dengan panorama pinggir danau di mana sudah banyak sekali para wisatawan yang terpukau. Desa Tuktuk Siadong sendiri berlokasi di kecamatan Simanindo, kabupaten Samosir, provinsi Sumatra Utara. Keindahan Wisata Danau Toba

Meskipun menawarkan pantai untuk olahraga air, seperti kano, jetski, waterbikes, atau berenang dan memancing; namun udara di sini sejuk karena terletak di pegunungan. Tidak heran, Tuktuk telah menjadi favorit wisatawan sehingga di sini Anda akan menemukan sejumlah hotel kelas atas yang terletak di sepanjang pinggiran danau dengan pantai eksklusif untuk tamu maupun hotel kecil dan homestay dengan tarif mulai dari Rp100.000 – Rp500.000 per malam tergantung pada tipenya.

Walaupun daerah Tuktuk Siadong penduduknya mayoritas beragama Katolik dan Kristen akan tetapi bagi anda seorang Muslim tidak perlu khawatir mengingat cukup banyak rumah makan Muslim.

Lokasi : Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara

9. Gunung Sibuatan

Gunung Sibuatan yang merupakan gunung tertinggi di Propinsi Sumatera Utara, dengan ketinggain 2.457 MDPL (Meter Diatas Permukaan Laut).
Selain melewati tantangan berupa naik turun tiga lembah dan tiga bukit sebelum mencapai puncak, sebagian besar adalah hutan lumut, kesempatan langka merasakan pemandangan tersebut membuat petualangan alam mendaki Gunung Sibuatan menjadi lebih menantang, berkesan. Keindahannya begitu memikat.

Gunung Sibuatan terkenal dengan hutan lumutnya. Bagi para pendaki, hutan lumut ini merupakan hal yang menarik untuk diamati, selain dengan tanaman kantung semar, pandan Bali, dan berbagai jenis anggrek. Keindahan Wisata Danau Toba

Gunung Sibuatan memiliki dua puncak yaitu puncak barat dan puncak timur, titik tertinggi ada di puncak barat. Di puncak tertinggi sterdapat sebuah batu hitam (pilar) yang besarnya sekitar 1,5 meter bernama “Makumba”.
Dari pilar setinggi 2 meter di puncak itu, keindahan makin nyata. Rasanya seperti sedang berada di atas awan. Menatap ke arah barat tampak pegunungan Leuser. Di timur, terlihat hamparan Danau Toba dan Pulau Samosir. Di utara terlihat Gunung Sibayak, Gunung Barus, dan Gunung Sinabung. Dan di selatan, terlihat pantai barat Sumatera dan Samudera Hindia.

Lokasi : Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara

10. Air Terjun Situmurun Binangalom

Air Terjun Situmurun ini juga sering disebut sebagai Air Terjun Binangalom karena airnya berasal dari desa Binangalom Kecamatan Lumban Julu, kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.
Kata Binangalom berasal dari nama sebuah sungai, yaitu Lum. Lum atau Lom dalam bahasa Batak Toba dapat diartikan sebagai air penyejuk hati. Dari sekian banyak air terjun yang ada di Indonesia air terjun ini tergolong unik karena airnya mengalir langsung jatuh ke Danau Toba. Anda pun dapat menikmati sensasi berenang melawan arus di air terjun ini.

Untuk menuju tempat ini ada dua alternatif jika Anda dari Medan, yaitu rute dari Parapat melalui Pelabuhan Ajibata atau rute dari Balige melalui Pelabuhan Balige. Keduanya sama-sama ditempuh dengan menyewa kapal motor menuju lokasi air terjun. Namun jarak terdekat adalah dari Balige, sebab letak air terjun ini mengarah ke Balige.

Anda akan disuguhi pemandangan Pulau Samosir di sepanjang perjalanan menuju air terjun Situmurun ini.
Jangan lupa siapkan obat anti mabuk laut. Keindahan Wisata Danau Toba

Lokasi : Desa Binangalom, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Nah itu dia traveler yang bisa kami sampaikan kepada kamu semua untuk mengenai beberapa Keindahan Wisata Danau Toba yang patut kamu jelajahi. Jadi tunggu apa lagi traveler yuk buruan.

Dan untuk Bonus Cashback tertinggi di Traveling juga bisa kamu dapati disini.

Untuk kamu atau kamu yang memang memiliki jiwa traveling dan ingin menambah informasi mengenai dunia traveling bisa kunjungi.

Dan buat kamu juga yang memiliki jiwa sayang terhadap hewan, suka memilihara hewan kamu bisa kunjungi :

Related Post

VBandar - Agen Bandar66 Online | Sakong Online | Capsa Susun | Bandar Poker | Judi Domino99 | BandarQ | AduQ | Poker Texas Indonesia
  • Pos-pos Terbaru